More ▼

Tahapan Revegetasi Sawit Di Lahan Bekas Tambang

Pagi ini Tim Reklamasi & Rehabilitasi menuju suatu lokasi bernama Batulaki. Daerah ini merupakan area yang telah ditanami kembali. Sempat ditambang dari tahun 2007 hingga 2014, Batulaki menjadi area percontohan untuk kegiatan reklamasi dan revegetasi. Pada area ini akan terlihat area bekas tambang dan bekas disposal yang berhasil ditanami kembali sesuai peruntukan sebelumnya.

Satu hal yang perlu dicatat, bahwa untuk mengembalikan fungsi lahan sesuai peruntukannya memang membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Perencanaan penambangan, pengumpulan topsoil hingga penyebaran kembali topsoil menjadi kunci utama dalam mengelola kegiatan reklamasi dan revegetasi di area bekas tambang. Topsoil yang digunakan untuk penanaman kembali minimal 0,6 meter. Setelah lahan ditata, dibuatkan drainase, barulah ditanami cover crop (rumput-rumputan) terlebih dahulu. 


Area ini ditanami di tahun 2014, saat ini kondisinya sudah mulai berbuah pasir. Pemakaian pupuk dan perawatan yang intensif sangat membantu pertumbuhan tanaman tersebut. HES