More ▼

Komunitas Gebber Gowes Ke Merabu

Gebber (Green Bike Berau) merupakan komunitas pecinta sepeda dan lingkungan yang beranggotakan karyawan-karyawan PT Berau Coal. Gebber adalah salah satu dari bidang olah raga di bawah naungan KOBARA. Gebber memiliki kegiatan rutin bersepeda setiap minggunya, selain itu di beberapa waktu juga mengadakan kegiatan yang digabungkan dengan event ataupun perayaan hari khusus, biasanya yang berkaitan dengan lingkungan seperti, peringatan Hari Lingkungan, Hari Bumi, Hari Ozon, dan lain-lain. Kegitan tersebut menggabungkan antara bersepeda sebagai kampanye juga melakukan penanaman pohon, membersihkan sampah, dan masih banyak lagi yang tujuannya tidak jauh dari menjaga kelestarian lingkungan.

Kali ini Gebber melakukan kegiatan bersepeda di daerah Merabu yaitu di lokasi situs jejak manusia purba. Kegiatan ini selain kampanye tentang kelestarian lingkungan juga digabungkan dengan kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup dengan penanaman pohon. Berikut beberapa dokumentasi terkait kegiatan Gebber.


Jam menunjukan pukul 5 pagi, semua peserta melakukan koordiasi sebelum keberangkatan ke kampung Merabu, tidak lupa untuk berdoa bersama.


Salah satu peserta Gowes menunjukan wajah keceriaan, seperti tidak sabar untuk melakukan perjalanan menggunakan sepeda ke tempat yang memiliki pemandangan yang indah. Foto dengan sepeda tidak lupa diabadikan disela waktu istirahat dari perjalanan untuk sarapan pagi.


Sepertinya tidak ada yang tidak ingin untuk mengambil foto di bawah gapura kedatangan menuju Kampung Merapun - Merabu yang mana gapura memiliki bentuk, ukiran dan bahan yang sangat khas Kalimantan atau Suku Dayak.




Salah satu jalan menuju kampung Merabu yang harus melewati sungai, dapat dilewati kendaraaan saat kondisi surut. Bukan menjadi masalah bagi Gebber kondisi air sungai yang naik, mereka tetap antusias untuk menyebrang agar dapat segera bersepeda di Kampung Merabu.


Foto bersama dengan perangkat dan warga kampung, sebagai ucapan selamat datang dan permohonan ijin berkegiatan.


Mungkin memang kebetulan, sangat jarang sekali ada moment bersepeda singgah di acara hajatan, menyantap hidangan, mengucapkan selamat kepada pengantin dan berfoto bersama.


Acara penyerahan bibit pohon untuk ditanam di area kampung Merabu, sedikit sumbangsih Gebber untuk kelestarian lingkungan.


Bersepeda dan menanam pohon, kegiatan berbeda dengan tujuan yang sama yaitu untuk menjaga kelestarian lingkungan.


Dan akhir dari kegiatan bersepeda dan penanaman pohon adalah menuju ke goa yang memiliki jejak purba, salah satunya gambar tapak tangan yang tergambar di dinding maupun langit-langit goa, karena itulah pose foto para anggota Gebber dengan menunjukan tangan dengan membuka 5 jari sebagai simbol konservasi situs purba di Kampung Merabu.

Oleh: Mauli D. A.