More ▼

Ini Alasannya Pekerja Butuh Banyak Minum

Menurut data dari Badan Pusat Statistik Februari 2014, 70% dari 125,3 juta pekerja di Indonesia masih kurang menyadari pentingnya memenuhi asupan cairan melalui konsumsi air putih. 70% pekerja ini di antaranya bekerja di industri kecil menengah dan sektor informal, serta memiliki tingkat pendidikan yang rendah sehingga masih banyak yang belum memahami fungsi dan kebutuhan air bagi pekerja. Padahal faktor suhu lingkungan kantor, jenis aktivitas fisik yang dilakukan, usia dan bahan pakaian yang dikenakan tanpa disadari bisa menyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh.

Setiap pekerja sebaiknya membiasakan untuk mengonsumsi air minum secara teratur dalam jumlah kecil sebelum merasa haus. Terlebih bagi para pekerja, banyak faktor yang membuat mereka harus mengonsumsi air putih misalnya adalah jenis aktivitas dan iklim saat bekerja.

Untuk pekerja yang beraktivitas sedang pada lingkungan bersuhu tinggi, dianjurkan untuk rutin mengonsumsi 150-200 ml atau segelas air setiap 15-20 menit. Bagi yang beraktivitas ringan di ruangan bersuhu rendah atau ber-AC sebaiknya mengonsumsi satu gelas air setiap satu jam sekali. Sedangkan bagi pekerja lapangan yang beraktivitas berat seperti pekerja tambang juga sebaiknya memperbanyak asupan cairannya menjadi 2,8 liter per hari. 

Pemenuhan kebutuhan cairan ini sangat penting karena kondisi dehidrasi yang tidak disadari dapat menurunkan daya konsentrasi, kemampuan berfikir, dan kewaspadaan seseorang. Akibatnya produktivitas pekerja pun terganggu bahkan bisa memengaruhi keselamatan pekerja.

Sumber: https://www.suara.com/health